Lung

Kita dirumah ada 5 besodara, rame memang, tapi asyik. Dan tiap orang punya panggilan sayang masing-masing.

1. Yang Kunyil (Mbak Yu pertama)

Sebutan tuk Mbak Yu gue yang pertama. Kata Emak waktu lair Mbak Yu gue yang ne gedenya cuman sebotol kecap makanya dipanggil Kunyil ato Kecil. Gue masih penasaran ama dukun branak yang nulungin Mak gue. Kok ya sempet2nya ngukur Mbak Yu gue ama botol kecap dari pada ngurusin Mak gue yang barusan ngeluarin orok dan beleleran darah.

2. Ki Polor (Akang pertama anak nomer dua)

Dapet sebutan Ki Polor karna dari dulu kerjaannya moloorr mulu, ndak pandang tempat. Mau ditempat tidur kek, di bawah pohon kek, ampe di kandangpun jadi, yang penting molornya ndak  molor. Emak pernah cerita kejadian lucu waktu Akang gue yang ne masih kecil. Waktu itu Emak ada piara ayam, kebetulan ada anak ayam yang baru netas. Loe tau apa yang dilakuin Akang gue? dengan pandang bulu diya langsung nyabutin tuh bulu anak ayam satu2, ampe gundul ndak bersisa. Dan yang lebih sadisnya lagi, setelah tuh anak ayam abis dicabutin bulunya, langsung disembelih,  bukan…bukan pake pisau tapi pake bambu. Ough…, betapa sadisnya dirimu Kang. Berkali-kali gue yakinin Emak, mungkin aja Akang gue yang asli ketuker ama anak tukang jagal ayam.

3. Partukul (Mbak Yu kedua anak nomer tiga)

Partukul itu singkatan dari nama Emak, Bapak, plus nama panggilan Mbak Yu yang pertama. Crita Emak,  kecilnya dulu Mbak Yu gue yang ne paling seneng kalo mungut segala yang ada dihalaman, daon dipungut, batu dipungut, mungkin kalo loe lagi main di halaman gue juga bakal dipungut trus ditumpuk di gudang belakang campur pungutan2 yang laen.

4. Saritak (Akang kedua anak nomer empat)

Kita juga pada gak ngerti tuh  nama datengnya dari mana dan artinya apa. Saritak, musuh bebuyutan gue waktu kecil, Akang gue yang paling ngasal soal berpakaian,  paling lama kalo mandi, punya hobbi nyuci sendal dan bakalan langsung ilfil kalo ngeliat cewek yang kukunya jorok. Biar kata  kembarannya Mak Lampir, mata belekan dan mulut beraroma khas naga baru makan pete minum jus jengkol tapi kalo kukunya bersih, si Akang pasti bakal kepincut.

5. Lung (Gue)

Lung dari Linlung,  dapet panggilan itu karna sifat gue yang sering mbingungi sendiri. Tuh..kan.. gue bilang juga apa, gue lagi linglung ampe posting di rumah orang. Mending gue cabut dulu ya, sebelum dihukum dengan kekuatan bulan ama yang punya rumah.

*

*

*

*

Buat keluargaku yang keren, makasih atas cintanya,

Buat pembaca setia tulisan2 Mbak Nda, maaf kalo sampah saya salah tempat,

Buat Mbak yang punya rumah, makasih atas kepercayaannya,

Buat Abang tukang bakso, bulan depan saya lunasin. Janji.

Salam S.A.Y.A : sambalterasi@ymail.com 😉 *mayaaan… promosi imel gratis*

*